TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA DULUR, MUDAH MUDAHAN MANFAAT DI DUNIA DAN AKHIRAT

14 Mei 2012

PENDIDIKAN KARAKTER.......

PENDIDIKAN KARAKTER.......
ditulis oleh admin
Bergulirnya pendidikan karakter merupakan alternatif solusi yang dilakukan pemerintah lewat kemendikbud dalam upaya mengurangi dan menanggulangi dekadensi moral. Selain juga untuk menjaga eksistensi budaya bangsa yang luhur religius. Niatan baik ini tentunya harus kita suport, baik kita sebagi pendidik formil yaitu Guru maupun kita sebagi masyarakat. Seorang guru dalam hal ini dituntut tidak hanya bisa menyampaikan materi tapi lebih jauh harus mampu membentuk karakter anak didik. Karakter disini adalah tentunya tak menyimpang dari
makna leluhur atau norma serta terikat kuat dan menyatu dengan nilai nilai religius.
Bukan hal mudah mewujudkan semua itu. Diperlukan kerjasama yang kuat baik dalam organisasi intern lembaga maupun lembaga dengan masyarakat. Penciptaan pembiasaan merupakan salah satu bentuk riil dari usaha membentuk karakter. Semisal pembiasaan berjabat tangan ketika datang disekolah dan ketika pulang baik kepada Bapak/Ibu Guru maupun sesama teman,berdoa sebelum memulai dan mengakhiri pelajaran, mengucapkan salam ketika memulai dan mengakhiri pelajaran bagi Bapak/Ibu Guru, dan masih banyak lagi contoh pembiasaan yang mengarah pada pembentukan karakter.
Lebih dari itu harus ada komunikasi dan kerjasama lembaga dengan pihak luar yaitu masyarakat. Kerjasama ini juga sangat penting dalam rangka pembentukan karakter anak didik. Rutinitas jumat bersih bisa dimanfaatkan untuk menjalin komunikasi dan kerjasama dengan masyarakat, semisal bersih masjid, lingkungan, ataupun kegiatan keagamaan lain. Harapan dari itu semua adalah menumbuhkan karakter berbasis lingkungan. karena bagaimanapun juga, peka terhadap lingkungan juga merupakan karakter luhur yang harus dikembangkan.(BY ADMIN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar